Sabtu, 28 November 2020

Independent Learning - Terjemahan

 

Siswa Belajar Sendiri? Bagaimana Caranya?

Dalam pembelajaran online maupun hybrid, ada 5  hal yang penting diperhatikan seorang guru sehingga menghasilkan pembelajaran yang efektif. Mengapa efektif? Disanalah dibangun Personalized Learning siswa belajar sendiri sebagai agency (pelaku aktif) pembelajarannya. Eric Sheninger  menyebutnya 5 elemen High-Agency, Personalized Learning, sebagai berikut : (1) voice  (2) choice (3) pace (4) path (5) place



Mengapa Voice?

Voice adalah suara. Bagaimana seorang guru memberikan perhatian terhadap kesempatan siswa berkomunikasi dan mengeluarkan ide /pendapatnya nya saat proses pembelajaran. Pilihlah metode yang tepat dalam pembelajaran yang dapat mengakomodir “voice”. Saat siswa terlibat dalam interaksi dan komunikasi saat itu terjadi pembelajaran pada diri mereka sebagai agency (pelaku aktif) dalam belajar sendiri (personalized learning)

Tool dalam pembelajaran online learning  maupun hybrid di bawah ini dapat digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif adalah :

  1. Breakout Room di Zoom
  2. Nearpod (https://nearpod.com/)
  3. Seesaw (https://web.seesaw.me/)
  4. Canvas LMS (https://www.instructure.com/canvas/en-au)
  5.  Google Classroom (https://shakeuplearning.com/blog/35-google-classroom-resources-that-will-make-your-day/)

Mengapa Choice ?

Choice adalah pilihan. Bagaimana seorang guru memberikan kegiatan-kegiatan dalam beberapa opsi-opsi yang dapat dikerjakan siswanya, yang tertulis pada jadwal kegiatan dan dapat diakses siswa secara online atau dapat menggunakan tool “choice board”

Cek contoh di bawah ini :

Choice Board



Jadwal Kegiatan

Dengan memfasilitasi siswa opsi-opsi kegiatan tersebut, maka  pembelajaran menjadi lebih menarik karena siswa dapat memilih kegiatan yang mereka minat dan menarik untuk dikerjakan.

Mengapa Path?

Path adalah jalan/alur. Yaitu bagaimana seorang guru mengelola kegiatan dengan waktu yang tersedia. Kegiatan-kegiatan yang variatif dan adaptif. Baik untuk pembelajaran tatap muka/face to face (offline) atau remote learning (online)  dalam satu rentang waktu yang tersedia.

Cek contoh di bawah ini



Padlet adalah aplikasi daring gratis yang paling tepat diilustrasikan sebagai papan tulis daring. Padlet dapat digunakan oleh siswa dan guru untuk mengirim catatan pada halaman yang sama. Catatan yang diposting oleh guru dan siswa dapat berisi tautan, video, gambar, dan file dokumen.


Gambar diatas adalah framework mengelola kelas pembelajaran (face to face and remote ) pada satu rentang waktu :

A.    A. Mini lesson/Opening

B.    B.  Stations (1,2,3)*

1. kegiatan elaborasi dengan tanya jawab

2 . kegiatan eksplorasi dengan tools teknologi (schoology, padlet, khan academy, dll)

3.  kegiatan refleksi dalam kegiatan independent atau bisa juga dengan Collaborative work.

C.    C. Formative Assesment/Penutup

 *Bisa kurang atau tambah

Mengapa Pace?

Pace menunjukkan pada kecepatan belajar  masing-masing siswa. Ada siswa yang memerlukan banyak waktu dan juga ada yang sedikit. Kemampuan siswa dalam mengatur waktu menjadi terlatih. Guru memberikan waktu yang cukup leluasa untuk siswa mengatur tugas-tugasnya secara online (asyncronous task), sehingga siswa tidak stress, dapat menyelami pembelajaran dan dapat menentukan prioritas dalam pengerjaan tugas-tugasnya. Guru dapat membimbing siswa yang memiliki pacing lebih lama karena kemampuan kognitifnya saat kegiatan ini secara personal. Pendekatan pembelajaran yang bervariasi untuk mengakomodir paced ini diperlukan, contoh pendekatan sentra*, flipped approach** dengan Bitmoji Classroom***

Asyncronous task : tugas-tugas yang diberikan secara online melalui bantuan teknologi. Di bawah ini contoh app yang dapat digunakan pada i-Pad. (https://www.profdigitale.com/padagogy-wheel/) , web dan android dan telah dihubungkan dengan Taksonomi Bloom.





Android Apps for Note Taking

·                Google Keep

·                Evernote

·                OneNote

·                ColorNote

·                Note Everything

Android Apps for Creating Portfolios

·                Weebly

·                Evernote

Android Presentation Apps

·                Google Slides

·                Prezi

Android Video Editing Apps

·                 Magisto Video Editor & Maker

·                 WeVideo Video Editor

·                 Animoto Video Maker

Android Digital Storytelling Apps

·                Comic and Meme Creator

·                AudioBoo

·                Talking Tom and Ben

·                WeVideo

·                Animoto

·                Flipagram

Android Apps for Creating Concept Maps

·                Mindomo

·                MindMeister

·                Mindjet

·                SimpleMind

Android Apps for Teaching Kids Coding

·                Tynker- Learn to Code

·                Ligthbot- One Hour Coding

·                Run Marco

·                Hakitzu Elite

Android Apps for Recording Audio

·                Easy Voice Recorder

·                Tape-a-Talk

·                Smart Voice Recorder

·                All That Recorder

Android Apps for Creating Comic Strips

·                Comic Strip It (Lite)

·                Bitsrtips

·                Comic Puppets Lite

·                Comic & Meme Creator

Android Apps for Reading and Literacy

·                Learn to Read: Monkey Junior

·                Phonics and Reading I Lite

·                Sight Words Learning Games

·                Learn the Alphabet (ABCs)

·                ABC Phonics

·                Super Why! from PBS KIDS

Android Apps for Unleashing Students Creativity

·                Book Creator

·                PicCollage

Android Apps for Learning English Grammar

·                English Grammar Test

·                English Grammar in Use

·                English Grammar Handbook

·                English Tenses

·                English Grammar Spell Checker

Android Apps for Learning A New Language

·                Duolingo

·                Busuu

·                Babbel

·                Rosetta Stone

·                Memrise

Android Apps for Music Teachers

·                Drum set

·                Real Drum

·                My Guitar

·                Piano Teacher

·                Flashnote Derby

Android Apps for Virtually Exploring World Museums

·                e-Museum


Website yang dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa untuk dapat dieksplorasi menjalankan asyncronous task sbb ( https://www.educatorstechnology.com/2017/02/the-ultimate-edtech-chart-for-teachers.html)

Categories

Websites

Websites for Math Teachers

·                Khan Academy

·                Ten Marks

·                The Math Forum

·                Math Drills

·                Get The Math

·                Aplus Math

·                Math TV

·                Math's Fun

·                Math Central

·                PBS Learning Math

·                Daum Equation Edior

·                TeX Equation Editor

·                g(Math)

·                Desmos

·                Table Calculator

·                Prodigy

·                Matific

·                Math Interactives

·                Access Maths

Websites for Science Teachers

·                PBS Learning Science

·                Khan Academy

·                Mosa Mack

·                Science Buddies

·                Science Kids

·                The Lawrence Hall of Science

·                Mystery Science

·                National Science Teachers Associations

·                Science Interactives

·                Smithsonian Education

·                National Science Digital Library (NSDL)

·                Science Printables

·                Understanding Science

·                Science Daily






Flipped Classroom :

 1.   Guru meneyediakan materi dalam bentuk video

2.   Siswa mendengarkan video pembelajaran kapanpun di rumah, sesuai dengan jadual kegiatan yang telah diberikan

3.   Siswa datang ke sekolah untuk mengerjakan latihan-latihan, project atau diskusi-diskusi dengan guru secara berkelompok

4.   Sekolah menjadi seolah workshop bagi siswa mengtes kemampuannya.

5. Guru dapat membimbing siswa yang diketahui masih belum menguasai konsep yang sedang dipelajari

Mengapa Place ?

Pembelajaran dapat terjadi dimanapun siswa berada, di sekolah atau di rumah dan dimana saja. Siswa dapat belajar sendiri selama guru memberikan stimulasi melalui kegiatan-kegiatan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan di capai. Hub (tempat) yang digunakan selama home learning maupun hybrid learning bervariasi, bisa menggunakan google calssroom, zoom + breakrout room, canvas, padlet, dll.

Maka perlu bagai guru menguasai teknologi sebagai tempat mereka melakukan pembelajaran. Sehingga bisa menyajikan pembelajaran yang efektif.

 


ARTIKEL

Otak Anak Kita


Dr Glenn Doman, seorang pendiri institut yang menangani masalah pencapaian potensial (The Institute for The Achievement of Human Potential) di Philadelphia dan mulai mempelopori penangan cacat otak pada anak sejak tahun 1940. Glenn dengan institutnya telah dikenal sebagi pelopor dan berhasil dalam menangani masalah cacat otak anak. Menurutnya, otak anak, bahkan yang sudah dibedah hemisferektomi (dibuang setengah fisik otaknya) pun masih bisa mempunyai kemampuan sama dengan otak utuh. Perkembangan fisik otak yang sangat pesat terjadi pada saat bayi lahir hingga usia 18 bulan. Jika sewaktu lahir otak anak sudah sebesar 25 % dari otak orang dewasa (sekitar 350 gram), pada usia 18 bulan otak anak berkembang dua kali lipatnya. Otak anak terus berkembang pada pada umur enam tahun sudah mencapai 90 % dari berat otak orang dewasa. Otak anak akan mencapai perkembangan 100% pada usia 18 tahun (sekitar 1.4 kg) Pada saat kelahiran, otak bayi mengandung 100 miliar sel aktif. Ahli neurobiologi dari universitas California Berkeley, Carla Shatz, seperti dikutip majalah TIme (Februari 1997) menyebutkan, terdapat pula satu triliun sel glia (perekat) yang membentuk semacam sarang untuk melindungi dan memberi makan sel aktif itu. Bahkan menurut ahli psikologi dari INggris, Tony Buzan, masing-masing sel aktif itu mampu membuat 20.000 sambungan yang berbeda dengan sel-sel lain. Mengingat kemampuan otak pada anak luar biasa maka sebagi orang tua, kita harus mampu membri rangsangan maksimal pada otak, terutama hingga usia 18 bulan. Jika tidak dirangsang, otak anak bisa menderita. Para peneliti dari Baylor College of Medicine pernah menemukan, otak anak akan mengecil 20-30 persen dari ukuran normal jika dia jarang diajak bermain atau disentuh. Praktisi metode Glenn Doman, Irene F Mongkar, mengatakan, "otak anak sejak usia nol tahun, bahkan sejak dalam kandungan distimulus sehingga sel-sel otaknya berkembang dengan cepat. Makanya, ada anak berumur 2,5 tah un sudah bisa membaca buku,"ucap Irene yang pernah mengikuti kursus Better Baby di institut milik Doman. Glenn banyak menulis buku dan pedoman bagi orang tua cara mengajar anaknya seperti 'How to teach your baby read','How to teach your baby math', 'How to give your baby encyclopedic knowledge'. Dan berbagai metode yang dia berikan, telah banyak orang tua yang berhasil membuat anaknya berhasil membaca dan menghitung pada usia dini.