Definisi “Equity” menurut Webster’s New Collegiate Dictionary
adalah ‘ Suatu keadilan (justice) berdasarkan hukum alam asasi manusia serta
bebas dari bias dan ‘favoritism’. Definisi “Equity” menurut American Heritage Dictionary adalah:
Kondisi/keadaan yang adil, tidak parsial, dan fair. Pada kamus besar salah satunya bermakna berarti ketakberpihakan,
adil, tak berat sebelah.
Hal yang menunjukkan equity pada pembelajaran
ditunjukkan pada bahwa pendidik mengakomodir
semua gaya belajar anak (visual, auditori dan kinestetik) dan multiple
intelegences mereka.
Apa strateginya?
a.
Station rotation : Rotasi kegiatan dalam
durasi tertentu yang tediri atas :
§ Kegiatan Klasikal yang dapat dilakukan melalui direct
teaching (mini lesson)
§ Rotasi Kegiatan : anak dibagi beberapa kelompok dan
melakukan kegiatan sesuai dengan kebutuhan (need) mereka yang telah dipetakan terlebih
dahulu oleh pendidik.
§ Rotasi kegiatan disediakan untuk anak berdasarkan tujuan pembelajaran
dalam kurikulum, bisa meliputi kegiatan mandiri per anak (independet working), kegiatan kolaboratif (tugas
kelompok), penggunaan teknologi dalam pembelajaran adaptif (adaptive learning
tools)
§ Kegiatan di set sesuai waktu yang tersedia yang ditentukan
menyesuaikan dengan obejective pembelajarannya.
§ Contoh seperti gambar di bawah ini :
a.
Choice board memberikan kepada anak kebebasan
memilih kegiatan yang menarik mereka (interest) dan mereka dapat lakukan di
kelas atau di rumah (at distance). Tic Tac Toe merupakan choice board yang
dapat digunakan. Dengan Choice board anak jadi pemilik dari pembelajarannya dan
mengakomodir perbedaan sehingga kesetaraan dalam penmbelajaran dapat terlihat,
tentunya juga choice board ini memberikan flesibelitas selama anak melakukan
home learning.
Guru dapat memberikan scaffolded (bimbingan lebih untuk membantu anak mencapai kompetensi yang akan dicapai) jika ditemui ada anak yang membutuhkannya.
b.
Playlist yang dibuat berisikan
kegiatan-kegiatan yang akan diselesaikan anak dalam format tersebut. Kolom Activity kolom DIrection (perintah) Kolom notes kolom tanggal
penyelesaian. Seperti contoh di bawah ini :
Group Project Check-in Due: One week before the project is due
Final Group E-Book Project must be submitted by:
Guru berkreatifitas menentukan kegiatan
dan resources-resource yang relevan dengan
tujuan pembelajarannya. Play list semacam tugas anak dalam bentuk digital chart agar anak dapat mengerjakannya sesuai
dengan kecepatannya dan ini merupakan bentuk equity dalam pemebalajaran.
a. Flipped Lesson model, guru memberikan video
pembelajaran singkat yang membahas tentang konsep yang dipelajari anak,
termasuk di dalamnya video materi, video kuis, video model penyelesaian, praktik
terbimbing atau mandiri. Kemudian di kelas guru memberikan bimbingan bagi anak
yang membutuhkan.
Setelah strategi di atas dilaksanakan, guru perlu memberikan tes formatif
untuk memastikan penguasaan anak terhadap pencapaian tujuan pembelajarannya. Agar
lebih mencerminkan equity maka semua ini dapat di akses anak baik di kelas
maupun di rumah. Path of equity (Lajur kesetaraan) pada pembelajaran dimulai dan diakhiri dengan
bagaimana anak menggunakan waktunya mengerjakan kegiatan sesuai dengan need
(kebutuhan) dan minat (ketertarikan) mereka yang allign (sesuai) dengan tujuan
pembelajaran dalam kurikulum yang menjadi tanggung jawab pendidik menfasilitasi
mereka untuk mencapainya.
Referensi :
http://esheninger.blogspot.com/2021/06/a-path-to-equity.html
https://www.cultofpedagogy.com/student-playlists-differentiation/



Tidak ada komentar:
Posting Komentar