Sabtu, 10 Juli 2021

EQUITY PADA PEMBELAJARAN

 


Definisi “Equity” menurut Webster’s New Collegiate Dictionary adalah ‘ Suatu keadilan (justice) berdasarkan hukum alam asasi manusia serta bebas dari bias dan ‘favoritism’. Definisi “Equity” menurut American Heritage Dictionary adalah: Kondisi/keadaan yang adil, tidak parsial, dan fair. Pada kamus besar salah satunya bermakna berarti ketakberpihakan, adil, tak berat sebelah.

Hal yang menunjukkan equity pada pembelajaran ditunjukkan pada  bahwa pendidik mengakomodir semua gaya belajar anak (visual, auditori dan kinestetik) dan multiple intelegences mereka.

Apa strateginya?

a.       Station rotation : Rotasi kegiatan dalam durasi tertentu yang tediri atas :

§  Kegiatan Klasikal yang dapat dilakukan melalui direct teaching (mini lesson)

§  Rotasi Kegiatan : anak dibagi beberapa kelompok dan melakukan kegiatan sesuai dengan kebutuhan  (need) mereka yang telah dipetakan terlebih dahulu oleh pendidik.

§  Rotasi kegiatan disediakan untuk anak berdasarkan tujuan pembelajaran dalam kurikulum, bisa meliputi kegiatan mandiri per anak  (independet working), kegiatan kolaboratif (tugas kelompok), penggunaan teknologi dalam pembelajaran adaptif (adaptive learning tools)

§  Kegiatan di set sesuai waktu yang tersedia yang ditentukan menyesuaikan dengan obejective pembelajarannya.

§  Contoh seperti gambar di bawah ini :


a.       Choice board memberikan kepada anak kebebasan memilih kegiatan yang menarik mereka (interest) dan mereka dapat lakukan di kelas atau di rumah (at distance). Tic Tac Toe merupakan choice board yang dapat digunakan. Dengan Choice board anak jadi pemilik dari pembelajarannya dan mengakomodir perbedaan sehingga kesetaraan dalam penmbelajaran dapat terlihat, tentunya juga choice board ini memberikan flesibelitas selama anak melakukan home learning.

Guru dapat memberikan scaffolded (bimbingan lebih untuk membantu anak mencapai kompetensi yang akan dicapai) jika ditemui ada anak yang membutuhkannya.

b.      Playlist yang dibuat berisikan kegiatan-kegiatan yang akan diselesaikan anak  dalam format tersebut. Kolom Activity  kolom DIrection (perintah) Kolom notes kolom tanggal penyelesaian. Seperti contoh di bawah ini :

 Dystopian Literature Book Club Playlist: This playlist is designed to help guide you and your group as you read your chosen Dystopian Literature novel.  Although there are some strict deadlines, it allows your group to move at your own pace and focus on what you, as a group, find interesting and important.    Follow the directions for each activity and let’s start this journey together!  See the book choices here.  

 Important dates to Remember:

Group Project Check-in Due:  One week before the project is due

Final Group E-Book Project must be submitted by:

Guru berkreatifitas menentukan kegiatan dan resources-resource yang relevan  dengan tujuan pembelajarannya. Play list semacam tugas anak dalam bentuk digital  chart agar anak dapat mengerjakannya sesuai dengan kecepatannya dan ini merupakan bentuk equity dalam pemebalajaran.

a.   Flipped Lesson model, guru memberikan video pembelajaran singkat yang membahas tentang konsep yang dipelajari anak, termasuk di dalamnya video materi, video kuis, video model penyelesaian, praktik terbimbing atau mandiri. Kemudian di kelas guru memberikan bimbingan bagi anak yang membutuhkan.

Setelah strategi di atas dilaksanakan, guru perlu memberikan tes formatif untuk memastikan penguasaan anak terhadap pencapaian tujuan pembelajarannya. Agar lebih mencerminkan equity maka semua ini dapat di akses anak baik di kelas maupun di rumah. Path of equity (Lajur kesetaraan)  pada pembelajaran dimulai dan diakhiri dengan bagaimana anak menggunakan waktunya mengerjakan kegiatan sesuai dengan need (kebutuhan) dan minat (ketertarikan) mereka yang allign (sesuai) dengan tujuan pembelajaran dalam kurikulum yang menjadi tanggung jawab pendidik menfasilitasi mereka untuk mencapainya.

 

Referensi : 

http://esheninger.blogspot.com/2021/06/a-path-to-equity.html

https://www.cultofpedagogy.com/student-playlists-differentiation/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar