Sabtu, 06 Februari 2021

Bagaimana agar sessi VC interaktif dan kolaboratif dalam Pembelajaran Online?

 

Di masa Pandemi ini semua sekolah masih melakukan pembelajaran online. Menjadi sebuah tantangan bagi guru dapat menampilkan pembelajaran efektif yang mendorong anak dapat menjadi pelaku aktif (agency) dalam proses belajar mereka. Oleh karenanya diperlukan pengetahuan untuk guru bagaimana mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pembelajaran berbasis audio dan video di masa pembelajaran online ini.

Tantangannya adalah bagaimana anak dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Agar sessi video conferencing (VC) interaktif dan kolaboratif dapat menggunakan digital tool seperti Zoom Breakout Room, Padlet, Linoit, AnswerGarden, Mentimeter, GoSoapBox, YoTeach! Google Forms, Thinglink, dan Google meet dengan mengirimkan link yang berbeda untuk setiap kelompok dalam satu kelas)

Rencanakan pembelajaran VC interaktif dan kolaboratif dengan langkah-langkah berikut ini:

1.     Buatlah terlebih dahulu aturan bagaimana perilaku dan sikap saat VC berlangsung, dan disepakati semua anak melalui diskusi bersama

2.     Saat mulai VC, setting mute everyone agar semua anak dapat memperhatikan sessi opening class

3.     Sessi interaktif di-set setiap 10-15 menit

4.     Gunakan chatbox untuk menuliskan pertanyaan atau tugas

5.     Unmute everyone kemudian kelompokkan mereka di Breakout Room

6.     Siapkan info update secara reguler yang dikirimkan ke semua Room melalui broadcasting message

7.     Reminder mereka agar bisa menekan tombol “ask for help” agar guru bisa tahu dan masuk ke room mereka. Ini untuk menghindari adanya cyberbullying atau merespon jika ada pertanyaan di dalam kelompok

8.     Masuk ke semua room untuk memonitor secara bergantian

9.     Mute everyone lagi setelah sessi breakout room selesai

10.  Siapkan digital tool agar anak dapat merespon pertanyaan yang sedang didiskusikan  ataupun tugas yang harus mereka selesaikan

11.   Dorong mereka agar proses dialog dan tanya jawab dapat terjadi melalui chatbox pada sessi kelas

12.  Jangan lupa gunakan head set or earbuds pada sessi VC ini

Penting sekali sessi VC ini berjalan secara interaktif dan kolaboratif agar semua anak dapat terlibat pada proses pembelajaran. Strategi belajar cooperative learning dapat digunakan pada pembelajaran online synchronous atau asynchronous juga, dengan media atau digital tools yang digunakan https://en.linoit.com/, seperti strategi belajar cooperative learning berikut ini :  

1.     Think - Pair - Share

a.     Guru memberikan pertanyaan (open ended question)

b.     THINK : anak memikirkan pertanyaan tersebut dan menuliskan ide nya dalam selembar kertas sebelum mendiskusikannya di dalam kelompok. Berikan waktu yang cukup (1 menit misalnya)

c.     PAIR : Diskusikan dalam kelompok kecil (2-3 orang) (dapat menggunakan breakout room). Tuliskan masing-masing pendapat yang dihasilkan dalam diskusi ini.

d.     SHARE : hasil diskusi di dalam kelas

 

2.     Turn and Talk

a.     Question : Siapkan pertanyaan dan diskusikan. Berikan waktu 1 sampai 2 menit, jangan terlalu lama, agar lebih produktif

b.     Turn : minta mereka menemukan partner diskusi. Sapkan sign partner mereka untuk dapat cepat menemukan partnernya

c.     Talk : berikan waktu mereka diskusi. Setelah waktu habis maka hasil diskusi di share di kelas

 

3.     Jigsaw :

a.     Bagi kelompok ( 1kelompok : 5- 6 orang) Diberinama : Zigsaw Grup

b.     Tunjuk 1 anak sebagai leader

c.     Siapkan materi pelajaran dan bagi menjadi beberapa bagian (puzzle-puzzle)

d.     Berikan puzzle materi tsb untuk setiap anak 1 puzzle

e.     Berikan waktu mereka membaca puzzle materi masing-masing. Ajak mereka untuk memahami materi bukan dihafal.

f.      Minta mereka bergabung dengan teman teman yang memiliki puzzle materi yang sama. Diberi nama : Expert Group. Diskusikan puzzle materi tersebut dan saling menyempurnakan sehingga menghasilkan satu kesimpulan, dalam waktu yang telah ditentukan.

g.     Setelah waktu habis, mereka kembali ke grup zigsawnya.

h.     Setiap anak mempresentasikan kesimpulan dari puzzle yang telah didiskusikan di expert grup tadi. Sessi ini dipimpin satu anak sebagai leader. Mengatur jalannya presentasi sesuai dengan waktu yang ditentukan. Sampai semua puzzle terkumpul dan dipahami setiap anak dalam grup zigsaw ini.

i.      Guru mengobservasi prosesnya, monitoring dari satu grup ke grup berikutnya sampai waktu habis.

j.      Berikan kuis untuk setiap anak pada materi yang telah mereka diskusikan seluruhnya.

 

4.     Station Rotation :

a.     Bagi kelompok anak menjadi 5-6 kelompok sesuai dengan station yang disediakan untuk 1 materi

b.   Buat rotasi station schedule dalam 1 term tertentu (jadwal harian/pekanan) untuk setiap kelompok



1.     Brainstorming : https://tallyfy.com/brainstorming-tools/ variasi tools yang dapat dipakai

 

 

Sumber Bacaan :

http://esheninger.blogspot.com/2020/08/strategies-to-foster-discourse-and.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar